.

Sabtu, 19 Mei 2012

STROKE SI PEMUKUL “SAKTI”!




STROKE SI PEMUKUL “SAKTI”!

Mengapa Stroke disebut Si Pemukul “Sakti”?Karena serangan Stroketiba-tibadan akibatnya “mengejutkan” (meninggal atau kecacadan). Kecacadan yang terjadi membuat penderita stroke merasa tidak berdayakarena memerlukan bantuan orang laindan atau alat bantu untuk beraktivitas.Kecacadan juga membuat penderita stroke tidak bisa bekerja seperti semula sehingga penderita stroke merasa kurang/tidak berguna lagi.Ketidak-berdayaan dan ketidak-bergunaanyang terjadi secara tiba-tibainilah yang membuat penderita stroke frustrasi, emosi dan depresi.

APA ITU STROKE?
Stroke disebut juga Cerebro Vascular Accident (CVA).Cerebro Vascular adalah pembuluh darah (arteri) di otak dan Accident berarti kejadian/kecelakaan yang tiba-tiba.
Apa yang terjadi pada pembuluh darah (arteri) di otak pada stroke? Ada 2 kejadian :
  1. Pembuluh darah (arteri) di otak pecah sehingga terjadi perdarahan di otak yang akan menimbulkan gangguan fungsi otak. Jenis stroke ini disebut Stroke Perdarahan (Hemorrhagic Stroke).
  2. Pembuluh darah (arteri) di otak tersumbat sehingga terjadi kekurangan supply darah ke suatu bagian otak yang akan menimbulkan gangguan fungsi otak. Jenis stroke ini disebut Stroke Sumbatan (Ischemic Stroke).

    MENGAPA PENDERITA STROKE PERLU SEGERA DITANGANI DOKTER?
    Ada 2 hal yang terjadi pada otak penderita stroke, yaitu 
    1. Gangguan sirkulasi (peredaran) darah di otak sehingga supply oksigen dan nutrisi ke sel-sel otak akan berkurang. Akibatnya sel-sel otak di daerah yang terkena stroke akan mati yang tentunya akan menimbulkan gangguan fungsi otak.
    2. Pembengkakan otak (edema cerebri) yang akan menimbulkan kenaikan tekanan di dalam rongga otak kerusakan jaringan otak bertambah gangguan fungsi otak bertambah berat.
  Oleh karenanya penderita stroke harus segera ditangani olehdokter.Golden period untuk penderita stroke adalah 6 jam pertama. Artinya dalam 6 jam pertama sejak terjadinya stroke, penderita stroke sudah harus ditangani oleh dokter.

KECACADAN AKIBAT STROKE.
Kecacadan akibat stroke tergantung dari bagian otak yang terkena stroke. Makin luas bagian otak yang terkena stroke, makin berat kecacadannya bahkan dapat merenggut jiwa! Kecacadan yang sering kita temui antara lain : kelumpuhan/kelemahan pada salah satu sisi tubuh, bicara tidak jelas (pelo), gangguan keseimbangan tubuh (mudah jatuh), kehilangan sebagian penglihatan atau pendengaran, penglihatan ganda, gangguan memori, tidak
bisa menahan kencing dan lain-lain. Dalam hal kelumpuhan/kelemahan satu sisi tubuh, terjadi azas berseberangan. Artinya, stroke pada otak bagian kananakan mengakibatkankan kelumpuhan/kelemahan pada sisi kiri tubuh dan sebaliknya.

Apasaja faktor resiko Stroke.
  1. Dislipidemia (kelainan kadar lemak darah), khususnya hipekolesterolemia (kadar kolesterol darah di atas normal) atheroma di arteri otak dan arteri-arteri di luar otak (jantung, dll)
  2. Hipertensi (tekanan darah di atas normal)
  3. Diabetes Mellitus (kadar gula darah di atas normal)
  4. Kelainan jantung (kelainan katup jantung, dll)
  5. Radikal Bebas (mempercepat terbentuknya atheroma pada hiperkolesterolemia)

Penanganan Stroke :
  1. Segera bawa ke rumah sakit bila ada gejala-gejala yang mengarah ke stroke. Ingat! Golden period stroke 6 jam!
  2. Tindakan medis.
  3. Fisioterapi.
Perlu dimengerti, tujuan fisioterapi adalah untuk menjaga masa ototyang lumpuh/lemah, bukan membuat penderita paska stroke bisa bergerak normal kembali.Pada penderita stroke tidak ada kelainan pada otot tubuh yang lumpuh/lemah, kelainan ada pada otak (yang terkena stroke). Jadi penderita akan bisa bergerak normal kembali bila terjadi perbaikan pada bagian otak yang rusak. Dengan demikian, sementara menunggu terjadinya perbaikan di otak (biasanya memerlukan waktu yang lama), penderita stroke harus rajin menggerakkan sisi tubuh yang lemah/lumpuh walaupun belum bisa bergerak normal!

PERANAN Noni ANAMed pada Stroke :
Noni ANAMed mengandung lebih dari 140 bioaktif (bahan aktif alami) antara lain :
  • Nutrisi lengkap yang dibutuhkan sel-sel tubuh (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, air)
  • Antioksidan (pembersih radikal bebas) yang poten (kadar SOD dan Scopoletin paling tinggi)
sehingga Noni ANAMed dapat membantu mencegah dan atau menanggulangiStroke dengan cara :
  1. Menjaga sel otak yang sehat tetap sehat.
  2. Membantu pemulihan/regenerasi sel otak yang rusak.
  3. Mengendalikan faktor resiko Stroke : Dislipidemia, Hipertensi, Diabetes Mellitus, Radikal Bebas.





0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes Redesign by MungBisnis